4 Cara buka bisnes dobi layan diri untuk dijual self service 24 jam di rumah untung aquanano 2017 modal pakej keuntungan permulaan pengalaman risiko memulakan cleanpro sarawak perniagaan ke atau rugiDi masa modern kini, kita banyak menjumpai masyarakat yang sudah enggan melakukan kegiatan mencuci pakaian. Hal ini tentu wajar, karena masyarakat disibukkan dengan aktivitas harian yang membuat mereka tak bisa membagi waktu khususnya untuk mencuci pakaian.

Untuk itulah, membuka bisnes dobi kini termasuk salah satu usaha yang bisa memberikan penghasilan yang lumayan besar. Usaha laundry ini kini bisa dijalankan siapapun, baik oleh ibu rumah tangga, anak-anak kos hingga para lelaki.

Namun seiring dengan permintaan usaha laundry yang semakin meningkat, tak sedikit orang yang menjalankan bisnis ini. Hal inilah yang terkadang membuat kita menjadi kebingungan menghadapi kompetitor yang sudah semakin ketat.

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena kami akan membagikan beberapa trik usaha bisnes dobi agar bisa berkembang dan menghasilkan pendapatan besar seperti berikut ini :

1. Pikirkan Konsep Usaha Anda

Pikirkan konsep usaha laundry yang akan dijalankan, di sini Anda bisa mempertimbangkan konsep usaha apakah Anda mendirikan usaha laundry hanya untuk melayani aktivitas mencuci baju saja atau memang Anda ingin membangun sebuah usaha laundry dengan skala yang besar atau luas?

Apabila hanya untuk melayani dan membantu orang untuk mencuci pakaian saja, maka Anda bisa memuat usaha ini secara sederhana, dengan tenaga seadanya, peralatan yang tidak begitu banyak dengan hasil kerja yang seadanya pula.

Akan tetapi, berbeda halnya jika Anda ingin membangun usaha laundry dengan skala besar tentu Anda harus mempersiapkan berbagai fasilitas laundru dari awal.

2. Persiapkan Peralatan Usaha Laundry Lengkap

Setelah itu, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan usaha laundry dengan lengkap, seperti mesin cuci, meja setrika, alat pengering, alat pengemas, rak menampung cucian, dan setrika listrik.

Semakin lengkap peralatan usaha laundry yang dipersiapkan maka akan semakin baik juga kualitas dari hasil kerja yang diperoleh. Anda bisa mendapatkan berbagai perlengkapan untuk usaha laundry ini di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Lakukan survey terlebih dahulu secara langsung untuk memilih perlengkapan apa saja yang digunakan dalam usaha ini.

3. Persiapkan Bahan Baku

Usaha laundry memerlukan bahan baku, seperti halnya pewangi pakaian, deterjen untuk mencuci, cairan untuk pelembut pakaian hingga cairan untuk melicinkan pakaian. Adapun sebuah bahan baku ini terbuat dari bahan-bahan kimia.

Agar bahan baku tersebut layak untuk digunakan, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, di antaranya aman untuk kulit karyawan, aman untuk pakaian atau baju yang dicuci serta aman untuk lingkungan.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar selektif memilih bahan baku yang digunakan. Dengan penggunaan bahan baku yang aman, tentu kualitas pakaian pun akan tetap terjaga. Selain itu, karyawan pun bisa lebih maksimal bekerja mencuci pakaian tersebut.

4. Pilih Tenaga Terampil

Untuk memilih karyawan atau pelaku usaha laundry ini, Anda tentu tak hanya mencari karyawan yang bisa mencuci memakai mesin cuci maupun bisa menyetrika pakaian saja.

Melainkan juga harus memilih karyawan yang mempunyai keterampilan lainnya, yakni terampil dalam hal memperlakukan baju sesuai dengan kain ataupun bahan pakaiannya.

Biasanya keteledoran yang paling banyak dilakukan karyawan adalah kesalahan menyetrika, baju yang warnanya luntur akibat salah mencuci dan masalah lainnya yaitu menghilangkan cucian dan salah pengemasan sehingga baju pelanggan pun tertukar.

Kesalahan-kesalahan ini sebaiknya harus dihindari demi kenyamanan pelanggan saat menerima jasa laundry dari usaha jasa yang Anda tawarkan.

Demikianlah beberapa tips dan trik mengembangkan usaha bisnes dobi yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a reply "4 Cara Buka Bisnes Dobi Layan Diri Untuk Dijual Self Service 24 Jam di Rumah Untung Aquanano 2017"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*